Akhir akhir ini banyak sekali terjadi kebakaran yang terjadi karena ketelodaran atau bahkan konsleting listrik. Itu sebabnya di sini kami menjual alat pemadam kebakaran.

Hal ini di gunakan untuk mengantisipasi apabila yang terjadi kebakaran di dalam rumah atau di dalam gedung tersebut. Meskipun hal ini terlihat sepele, namun hendaknya tidak di sepelekan.

Nah, apabila di rumah anda belum ada alat pemadam kebakaran, sebaiknya anda siapkan mulai dari sekarang. Dan bila anda membutuhkannya kunjungi saja di situs kami Sustaining Towers

Di sini kami menjual beberapa jenis alat pemadam kebakaran

1. Alat Pemadam Kebakaran Portable

Jenis alat yang satu ini unik dan menarik di banding dengan yang lain, karena alat ini praktis dapat di bawa kemana mana dan cukup mudah untuk di operasikan sehingga dapat di gunakan meskipun anda sendirian. Alat ini hanya untuk sekali pakai. Dan ketika anda telah memakainya sekali, anda harus membuangnya. Seperti yang penulis tuliskan sebelumnya, bila kebakaran di atasi sejak awal saat api masih kecil atau sedang maka penggunaan alat portable sudah sangat mampu mencegah terjadinya kebakaran. Harga alat ini juga sangat terjangkau, meskipun masih bergantung pada kapasitas yang anda inginkan.

Sebelum menggunakan alat pemadam kebakaran portable ini, ada beberapa hal yang perlu kita pahami, antara lain adalah:

  • Klasifikasi kebakaran dan media pemadam api
  • Metode yang tepat dalam mengoperasikan APAR

*catatan : apabila anda belum terlatih mengenai hal ini, maka pendampingan instruktur professional sangat disarankan

Cara pengoperasian alat pemadaman sangatlah mudah, namun tetap saja perlu pelatihan secara berkala untuk dapat membiasakan diri dan agar tidak panik dalam menghadapi kondisi darurat kebakaran. Ikuti tahapan berikut ini :

  1. Lakukan analisa terlebih dahulu mengenai : apa yang terbakar, dan seberapa kebakarannya
  2. Pilih tabung dengan media pemadam
  3.  Lakukan metode P.A.S.S, atau :
    a. Pull the pin (tarik pin pengamannya)
    b. Aim (arahkan moncong selang ke titik pusat api)
    c. Squeeze the lever (tekan katup handle)
    d. Sweep (sapu api dari kiri ke kanan/sebaliknya secara teratur)
  4.  Ulangi metode tersebut hingga api benar-benar padam
  5.  Apabila api tidak dapat dikendalikan, tinggalkan segera, keselamatan jiwa lebih penting dari segalanya.

2. Alat Pemadam Kebakaran Hydrant

Hydrant adalah koneksi di atas tanah yang menyediakan akses ke pasokan air untuk tujuan pertempuran pemadam kebakaran. Hydrant merupakan alat pemadam yang hanya berfungsi sebagai penampung air dan sumber air yang bersifat statis dan tidak dapat dipindahkan. Alat ini bersifat diam ditempat dan tidak bisa dipindah. Karena fungsi utamanya hanyalah sebagai pemasok air.

Setiap hydrant memiliki satu atau lebih gerai selang kebakaran mungkin terkait. Jika suplai air bertekanan, hydrant juga akan memiliki satu atau lebih katup untuk mengatur aliran air. Dalam rangka menyediakan air yang cukup untuk pemadam kebakaran, hydrant yang berukuran untuk memberikan debit minimum sekitar 250 galon per menit (945 liter per menit), meskipun hidran yang paling dapat memberikan banyak lagi.

Di sini kami juga akan membagikan tips cara merawat pemadam kebakaran di setiap tahunnya

Berikut Langkah Langkah Perawatan yang Harus Dilakukan Setiap Tahun

  • Perawatan teratur tiap tahunnya yang di sarankan oleh ketentuan dari Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) yaitu lakukan isi ulang atau refilling medium extinguiser.
  • Perawatan teratur tiap tahunnya  lakukan OVERHAUL serta TUNE-UP masing-masing spare part dari beberapa instrument tabung. Lantas step akhir yaitu hydrostatic, tes uji kelayakan pada tabung. Kami siap melayani sejumlah apa pun keperluan Anda untuk isi ulang tabung APAR kurun waktu yang efisien serta dapat dihandalkan.

Bila anda membutuhkannya, kunjungi saja situs kami Sustaining Towers

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s