Batu bata merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuatan dinding. Batu bata terbuat dari tanah liat yang di bakar sampah berwarna kemrah merahan.  Seiring perkembangan teknologi, penggunaan batu bata semakin menurun.

Hampir di setiap wilayah ada, namun jangan salah. Tidak semua batu bata merah mempunyai kualitas yang sama.

Bila anda ingin membuat rumah atau sebuah bangunan, pilihlah batu bata yang berkualitas baik untuk bangunan anda. Karena hal ini berkaitan dengan hasil kualitas bangunan anda.

Jika anda ingin membeli batu bata merah yang berkualitas dengan harga yang terjangkau kunjungi saja situs kami Sustainingtowers

Fungsi batu bata sudah akrab dengan kehidupan kita yang berasal dari tanah liat bisa dibentuk dengan cetakan berukuran tertentu kemudian dibakar. yang tidak kalah pentingnya dalam menjaga mutu dari dinding adalah spesi atau perekat antar bata. Nah di sini kami akan menjelaskan jenis jenisnya.

Batu Bata Merah

Batu bata merah merupakan salah satu jenis bahan dasar bangunan rumah yang sudah sangat umum di gunakan di Indonesia. Bata merah ini lebih banyak di gunakan daripada bata ringan atau batako press, karena bata merah ini sudah teruji kekuatannya.

Bata Merah ini di buat dari tanah yang di cetak kemudian dibakar dengan suhu tinggi sehingga menjadi benar-benar kering, mengeras dan berwarna kemerah-merahan. Tanah yang di gunakan pun juga bukan sembarangan tanah, tapi tanah yang agak liat sehingga bisa menyatu saat proes pencetakan. Karena itulah rumah yang dindingnya dibangun dari material bata merah akan terasa lebih nyaman dan adem. Selain lebih kuat, kokoh dan tahan lama, sehingga jarang sekali terjadi keretakan dinding yang dibangun dari material bata merah. Selain itu Material ini sangat tahan terhadap panas sehingga dapat menjadi perlindungan tersendiri bagi bangunan Anda dari bahaya api.

Kelebihan Bata Merah

  • Tidak memerlukan keahlian khusus untuk memasang
  • Ukurannya yang kecil memudahkan untuk pengangkutan
  • Mudah untuk membentuk bidang kecil
  • Tahan Panas

Batako

Batako ini pada umumnya di buat dari campuran semen dan pasir kasar. Selain itu juga ada yang terbuat dari camouran batu tras, kapur dan air. Bahkan kini juga beredar batako dari campuran semen, pasir, dan batu bara.

Jenis batako yang beredar di pasaran terbagi menjadi 2 kelompok, yakni:

Batako Putih (Tras)

  • Batako putih terbuat dari campuran tras, batu kapur, dan air. Campuran tersebut di cetak, lalu di bakar. Tras merupakan jenis tanah berwarna putih / putih kecoklatan yang berasal dari batu batu gunung berapi
  • Umumnya memiliki panjang 25-30 cm, tebal sampai 8-10 cm, dan tinggi 14-18 cm.

Batako Semen PC / Batako Press 

Kelebihan Batako

  • Pembuatan Mudah dan ukuran dapat di buat sama
  • Lebih mudah di potong untuk sambungan tertentu yang membutuhkan potongan
  • Ukurannya besar
  • Kedap air, sehingga sangat kecil kemungkinannya terjadi rembesan air

BATATON (Batako Beton)

Bataton terbuat dari campuran semen, agregat, pasir, kerikil, air dan bahan khusu lain.

Bentuk-bentuk bataton ini menyisakan rongga pada bagian dalamnya. Rongganya bisa diisi baja untuk tiang kolom, juga bisa sebagai jalur pipa air dan kabel listrik.

Kelebihan BATATON

  • Kedap air, sehingga sangat kecil kemungkinannya terjadi rembesan air.
  • Sebelum pemakaian tidak perlu di rendam air
  • Pemasangan lebih cepat
  • Penggunaan rangka beton pengakunya lebih luas, antara 9 – 12 m2.

Jika anda ingin membeli jenis jenis batu bata yang berkualitas dengan harga yang murah kunjungi saja situs kami Sustainingtowers

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s